SEKILAS INFO
17-10-2021
  • 2 minggu yang lalu / Website ini merupakan halaman resmi SMA Negeri 3 Lumajang
27
Sep 2021
Giat Rutin Hari Jumat

SMA Negeri  3 Lumajang merupakan salah  satu sekolah negeri terbaik di Lumajang, menjadi salah satu sekolah terbaik berarti juga mempunyai program yang unggul. Salah satunya adalah agenda kegiatan yang dilakukan pada setiap hari Jumat. Kegiatan ini diikuti oleh guru pengajar maupun murid. Agenda kegiatan yang rutin dilakukan setiap Jumat meliputi kegiatan keagamaan, kegiatan olahraga, dan kegiatan literasi serta aktualisasi kepramukaan.

Kegiatan keagamaan menjadi salah satu kegiatan yang berperan penting demi pembentukan karakter siswa yang bermutu, karena kesehariannya siswa  harus mempelajari ilmu pengetahuan umum. Pendidikan Agama memberikan pembekalan kepada siswa agar menjadi manusia yang memiliki ketakwaan terhadap Tuhan Yang Maha Esa hanya diberikan selama 2 jam pelajaran per 2 minggu karena situasi darurat pandemi. Oleh karena itu, SMA Negeri 3 Lumajang mengadakan kegiatan keagamaan tambahan pada setiap hari Jumat sebagai kegiatan pembekalan tambahan untuk memperkuat penanaman nilai-nilai keagamaan siswa sesuai agama dan keyakinannya masimg-masing. Kegitan ini meliputi, pelaksanaan Salat Duha (berimam guru Agama: Ustaz Aam, Ustaz Izzudin dan Ustaz Hendra) dan mengaji bersama untuk siswa muslim, untuk agama nonmuslim dapat mengikuti kegiatan keagamaan pada guru agama (Bapak Yuniel K.) masing-masing.

Selain kegiatan keagamaan, yang tidak kalah penting adalah kegiatan olah raga untuk menjaga badan tetap sehat dan bugar apalagi di kondisi pandemi seperti sekarang ini. Para guru dan siswa biasanya melakukan senam bersama-sama di lapangan sekolah dengan iringan musik yang asik sehingga dapat menambah semangat untuk berolahraga. Kegiatan  Olahraga seperti senam tidak akan membuat para siswa merasa bosan karena memiliki instruktur (Para Guru Olah Raga: Bapak Endriyono, Bapak Ucup, Bapak Alfinda dan Bapak Fauzan)banyak variasi gerakan diiringi musik yang rancak.

Setelah melakukan kegiatan keagamaan atau kegiatan olah raga, para siswa biasanya langsung masuk ke kelas untuk mengikuti kegiatan selanjutnya yaitu kegiatan literasi. Literasi yang dilakukan bukan hanya sekedar membaca tetapi juga menulis, mengarang, dan menjawab soal, sehingga dapat menambah pengetahuan siswa. Dan juga kegiatan aktualisasi kepramukaan sesuai jadwal yang telah ditentukan.

Giat rutin ini diadakan sekolah sebagai upaya membentuk siswa agar  memiliki pola kehidupan yang seimbang antara pengetahuan, keagamaan, dan kesehatan, serta agar memiliki  sikap cinta tanah air dan cakap menyongsong kehidupan di masa depan.

Liputan dari Jurnalis Sekolah: Kamila Garda

Pengumuman

PPDB 2020

PENGISIAN FORM ALUMNI SMAGA