SEKILAS INFO
31-05-2020
  • 1 bulan yang lalu / Silahkan akses PENGUMUMAN untuk informasi PPDB SMA tahun 2020
3
Jan 2020
Misi Baru Sukseskan Himbauan Bahaya Narkoba dengan Debat Antinarkoba

SMA Negeri 3 Lumajang – Untuk yang kesekian kalinya mengadakan kerja sama dengan BNN untuk menghimbau para masyarakat terutama kalangan muda yang ada di SMA Negeri 3 Lumajang mengenai bahayanya narkotika. Kali ini SMA Negeri 3 Lumajang mengadakan penghimbauan secara tidak langsung mengenai bahaya narkoba melalui Lomba Debat tentang nakoba yang terangkai dalam program class meeting.

 

Lomba debat ini sengaja dipilih oleh SMA Negeri 3 Lumajang untuk memberitahu sekaligus menghimbau warga SMA Negeri 3 Lumajang tentang buruknya narkoba. Lomba ini dilaksanakan (16-17/12/2019)  bertempat di Laboraorium Kimia SMA Negeri 3 Lumajang.

 

Hari pertama  dipergunakan untuk melakukan babak penyisihan. Oleh karena itu untuk masing-masing kelas di wajibkan untuk menyiapkan 3 delegasi siswa untuk menjadi peserta dalam Lomba Debat. Siswa yang dikirimkan untuk mengikuti lomba terdiri atas 1 siswa dan 2 orang siswi..

 

Pada Lomba Debat Antinarkoba kali ini, Organisasi Siswa Intra Sekolah atau yang biasa disebut sebagai OSIS melakukan kerja keras agar seluruh warga sekolah terlibat dalam lomba. Tidak hanya itu, para siswa dan sisiwi yang mengikuti juga harus berjuang untuk memenangkan lomba sesuai dengan mosi yang dibagikan di saat lomba akan dimulai. Lomba kali ini menghadirkan  beberapa juri yang tak lain juga merupakan guru dari SMA Negeri 3 Lumajang, yaitu Ibu Windy Astarini, S.Pd  dan Ibu Amanda Karunia, M.Pd. dan Perwakilan dari BNNK Lumajang.

 

Hal-hal penting yang perlu diperhatikan dan menjadi kriteria penilaian dalam lomba ialah kejelasan suara. Kriteria kejelasan suara ini menghimbau siswa dan siswi untuk mengucapkan tutur kata bahasa Indonesia dengan jelas dan benar. Selanjutnya, sikap, di mana setiap siswa dan siswi yang mengikuti lomba dituntut untuk menunjukan sikap yang sopan namun tetap kritis dalam berpendapat, yang terakhir yaitu penyesuaian argumen dengan mosi yang membuat siswa harus berfikir secara kreatif untuk menyampaikan pendapat yang dapat menguatkan mosi mereka sesuai dengan posisinya.

 

Adanya Lomba Debat Antinarkoba ini, siswa akan mendapatkan banyak sekali manfaat yang  berguna untuk masa sekarang dan masa yang akan mendatang yaitu pengetahuan tentang narkoba, berpikir kritis, menyampaikan pendapat, dan berani tampil di depan publik. Begitu juga BNNK Lumajang  yang mengadakan kerja sama dengan SMA Negeri 3 Lumajang akan  lebih giat lagi untuk menggaungkan secara lebih luas dalam menyebarkan jaringan tentang pemahaman bahaya narkoba yang saat ini sedang menjadi bahaya yang menyelubungi pergaulan  dunia remaja. Sebuah misi baru untuk himbauan tentang bahaya narkoba. Friscela_Yona_Nagifea- Jurnalis SMAGA

Pengumuman

PPDB 2020

PENGISIAN FORM ALUMNI SMAGA