Monday, December 9, 2024
Kurikulum

P5 Kewirausahaan ~ Kunjungan Bisnis ke Goatzilla

SMA Negeri 3 Lumajang – P5 sebagai kegiatan pembelajaran yang menggunakan metode Project Based Learning (PjBL) merupakan  pembelajaran lintas disiplin ilmu, kolaborasi antarguru untuk mengamati dan memikirkan solusi terhadap permasalahan lingkungan sekitar.  Pembelajaran ini berbasis projek yang dilaksanakan sebagai program intrakurikuler di dalam kelas bentuk aktualisasi dari penerapan Kurikulum Merdeka. Tim pengembang kurikulum SMA Negeri 3 Lumajang memilih tema  kedua (Kewirausahaan) dalam kegiatan P5.

Kegiatan yang memberikan pembekalan sejak dini kepada peserta didik kelas X  saat ini adalah melakukan Kunjungan Bisnis ke Goatzilla salah satu icon dari Lumajang. Goatzilla dipilih karena peserta didik dapat berwisata di kaki gunung sekaligus belajar berwirausaha. Berbagai macam bidang usaha terangkum di wahana produktif edukatif yang berlokasi di kecamatan Senduro ini. P5 kunjungan bisnis ini dilaksanakan secara berkala pada saat pembelajaran projek. Diawali per dua kelas,  di setiap kelas paralel pada  kelas X. Start pelaksanaannya pada 9 Maret hingga 16 Maret 2023 hari Kamis dan Jumat.

Perkembangbiakan kambing varietas lokal Senduro dari jenis Etawa  dapat dijadikan objek pengamatan para siswa dalam kesempatan P5 ini, hingga pengolahan susu, yougurt, keju mozzarella, dan konsep kafe pegunungan yang khas dengan lahan minimize. Para siswa begitu antusias, karena mereka di sana dilibatkan secara aktif seperti briffing interaktif  tentang ide usaha kreatif Goatzilla, bercengkrama dengan kambing kecil, memerah susu kambing, pengetahuan pembuatan mozzarella, pengolahan susu, dan praktik langsung membuat Yolin (yougurt lilin). “Kegiatan ini seru dan menyenangkan, karena saya dan teman-teman dapat secara langsung belajar tentang alam sekitar dan praktik usaha membuat yougurt lilin,” tutur Biancha Farah Andira, siswi kelas X6.

Tim Jurnalis Garda

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *