Bimtek Google Workspace For Education SMA Negeri 3 Lumajang

SMA Negeri 3 Lumajang – Dua hari pada minggu lalu tepatnya Jumat (29/09/23) dan berlanjut pada Rabu (04/10/23) bertempat di aula atas sekolah seluruh bapak dan ibu dewan guru SMA Negeri 3 Lumajang mengikuti Bimbingan Teknis (Bimtek) Google Workspace For Education. Pelaksanaan Bimtek ini merupakan bentuk diseminasi Wakil kepala Sekolah Bidang Kurikulum, Bapak Fanda Meilasa, S.Kom yang telah mengikuti workshop serupa di Surabaya yang dilaksanakan oleh Kementerian Pendidikan Kebudayaan Riset dan Teknolog (Kemendikbudristek)i.

Sebagai sekolah penggerak yang telah melaksanakan selama dua periode, kegiatan bimtek ini merupakan hal yang selaras dengan amanat Kurikulum Merdeka yang mewadahi potensi anak sesuai dengan kodrat alam dan zamannya. Bimtek Google Workspace For Education ini, memberikan pemahaman baru secara praktik kepada bapak ibu dewan guru untuk segera memulai dan mengaplikasikan fasilitas Google sebagai bentuk digitalisasi sekolah yang sesuai dengan tuntutan dan perkembangan zaman.

Bapak Fanda Meilasa, S.Kom, mengimbaskan praktik baik ini secara kolaboratif bersama bapak-ibu guru yang berkompeten pada bidangnya.  Yang menarik dan membuat suasana makin seru, kegiatan ini diawali dengan soal pretest sejumlah 34 soal yang diumumkan hasilnya  secara langsung beberapa jam sebelum memulai acara Bimtek. Begitu berakhir pun juga di akhiri dengan posttest  yang dipergunakan untuk mengukur seberapa besar ketercapaian pemahaman materi. Adapun beberapa materi yang berbasic Google didiseminasikan adalah Google Slide yang diimbaskan oleh Ibu Setyaningsih, S.Pd, materi Google Form disampaikan oleh bapak Fanda secara langsung. Sedangkan materi Google Classroom oleh Ibu Ismi Nurafdilla, S.Pd., Gr., dan materi Google Site sebagai portofofolio digital semua akses Google yang akan diaplikasikan kepada peserta didik di kelas dengan memfamiliarkan platform belajar.id dalam setiap momen sebagai akun yang harus sering dipakai oleh pendidik pada umumnya dengan segala keunggulan yang melekat di dalamnya.  Semangat, Bapak-Ibu. Oleh: Ari Fanti Rahayu

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *